Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral
dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan
merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan,
berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan
serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan
apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap
bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi
peserta didik untuk memahami dan
merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.
peserta
didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan
minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan
dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.
guru dapat
memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.
guru lebih
mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.
orang tua
dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan
daan kesastraan di sekolah;
5.
sekolah
dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.
daerah dapat
menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan
kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas
wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia
mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik
telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam
beberapa kalimat
1.2 Menuliskan kembali
berita yang dibacakan ke dalam
beberapa kalimat
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan
pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling
mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumuman
dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan
sederhana
|
Membaca
3.
Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara
membaca
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus
secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan
membaca memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per
menit
3.3 Membacakan berbagai
teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian
dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi
dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi,
isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik dan benar
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
|
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng
yang diperdengarkan
5.2 Menunjukkan relevansi
isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Berbicara
6. Mengeskpresikan pikiran
dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara,
lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
Membaca
7. Memahami isi berbagai
teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1
Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku
cerita yang dibaca
|
Menulis
8.
Mengekspresikan
pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui
pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa
sendiri dongeng yang pernah dibaca
atau didengar
|
Tidak ada komentar